July 29, 2021 8:44 pm

5 Bahan Alami yang Bersifat Anti Rayap untuk Perlindungan Furniture

Rayap menjadi salah satu jenis serangga yang dianggap sangat merugikan. Terutama jika rayap sudah menyerang rumah dan merusak beragam jenis perabot di dalam rumah. Sebenarnya banyak langkah yang bisa membantu mencegah serangan rayap. Salah satunya lewat pemakaian anti rayap yang berasal dari bahan-bahan alami.

Pencegah Rayap Alami

Ternyata pencegahan rayap bisa dilakukan dengan memakai bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang terbukti tidak disukai rayap dan bisa mencegah perkembangan rayap. Berikut adalah 5 bahan alami pencegah rayap yang dapat digunakan:

1.     Ekstrak Kulit Jeruk

Aroma jeruk bisa membantu mencegah munculnya rayap. Bagian jeruk yang bisa dimanfaatkan adalah kulitnya. Anda bisa mengambil ekstrak kulit jeruk dan memanfaatkannya untuk mengusir rayap. Usapkan minyak hasil ekstraksi kulit jeruk ke bagian kayu-kayu yang ingin dilindungi dari rayap.

2.     Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi furnitur dari serangan rayap. Cara, hancurkan bawang kemudian rendam di dalam air. Setelah beberapa jam direndam, ambil air rendamannya kemudian tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan semprotkan ke bagian kayu.

3.     Daun Kemangi

Anti rayap alami berikutnya adalah daun kemangi. Daun ini memang dikenal punya aroma yang khas dan ternyata bisa membantu menjauhkan rayap. Cukup letakkan saja daun kemangi di beberapa titik rumah yang menggunakan material kayu untuk mengusir dan mencegah rayap.

4.     Daun Salam

Selain daun kemangi, daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir rayap. Pemakaiannya juga sama seperti daun kemangi yaitu tinggal diletakkan saja di tempat-tempat yang rawan terserang rayap. Aroma daun salam akan membuat rayap tidak jadi menyerang material kayu yang ada di rumah Anda.

5.     Daun Mint

Jenis daun yang biasa digunakan untuk memberi sensasi segar pada minuman ini juga bisa mengusir rayap. Anda bisa meletakkan tanaman mint dalam pot kecil lalu tempatkan di beberapa titik dalam rumah. Aroma mint juga bisa membantu mencegah munculnya serangan rayap.

 

Itulah 5 jenis bahan anti rayap alami yang bisa digunakan. Namun jika serangan rayap sudah tergolong parah sebaiknya segera panggil jasa pembasmi rayap. Jasa profesional akan membasmi rayap hingga ke akar-akarnya sehingga semua rayap bisa bersih tuntas.

Sumber:

https://artikel.rumah123.com/7-bahan-anti-rayap-alami-tanpa-bahan-kimia-lho-60212

https://suntikrayap.com/obat-pembasmi-rayap/#2_Daun_kemangi

https://www.dekoruma.com/artikel/76615/anti-rayap-alami

 

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *