December 9, 2022 8:43 am

Ingin Rintis Bisnis Apotek, Perhatikan 5 Tips Berikut!

Bisnis yang memiliki prospek jangka panjang menjadi prioritas Anda dibandingkan bisnis musiman. Peluang bisnis apotek bisa menjadi salah satu bisnis jangka panjang yang tidak akan pernah tumbang, hanya perlu bersinergi dengan perkembangan zaman. Anda bisa membuka toko obat yang dibutuhkan semua orang, apalagi masa pandemi yang membuat orang-orang lebih aware dengan kesehatan. Manfaatkan saja software apotek yang bisa mendukung Anda merintis bisnis apotek lebih efisien dewasa ini.

Kiat Membangun Bisnis Apotek

Anda bukan lulusan farmasi atau sekolah kesehatan lain, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang pebisnis di bidang obat-obatan, lho! Apotek yang Anda rintis bisa berkembang pesat asal merekrut tenaga yang mumpuni. SDM berkualitas di bidangnya bisa menjadi pondasi bisnis apotek Anda semakin terdepan, apalagi didukung dengan adanya teknologi software apotek kekinian.

Masih ragu hendak merintis bisnis apotek, pertimbangkan kiat penting berikut :

1. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi menjadi kunci kesuksesan bisnis apotek yang Anda rintis sehingga perlu melakukan riset awal lebih dulu. Lihat kondisi sekitar apotek berada di tempat publik atau dekat dengan lingkungan masyarakat, misalnya perumahan, sekolah, kantor, atau tempat-tempat yang ramai penduduk.

2. Mulai mengajukan izin usaha

Penting sekali untuk melakukan riset dan mencari informasi akurat seputar pengajuan rencana izin usaha apotek. Tentu Anda yang memiliki ijazah di bidang farmasi bisa lebih mudah menjalankan bisnis. Meskipun demikian, Anda yang bukan apoteker bisa menjalankan bisnis obat-obatan ini asal memiliki tenaga yang handal. Artinya Anda harus merekrut seorang apoteker yang berpengalaman di bidangnya dalam menjalankan bisnis apotek nantinya.

3. Mempersiapkan modal dan memenuhi persediaan obat atau jasa medis lainnya

Persiapkan modal yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis apotek mulai tempat, rak, persediaan obat-obatan, peralatan medis yang dibutuhkan, pengaturan pembukuan apotek, dan lain-lain. Supaya Anda bisa melakukan kinerja bisnis apotek lebih optimal, sebaiknya gunakan software yang bisa membantu mengelola bisnis apotek lebih lancar mulai pemanfaatan kartu stok, laporan penjualan, penyusunan laporan keuangan bulanan, dan lain-lain.

4. Menyusun strategi bisnis

Strategi bisnis yang baik akan mendukung bisnis apotek Anda sukses besar di pasaran. Anda harus melihat potensi persaingan bisnis apotek yang sama di sekitar, kemudian buat lompatan pemasaran yang lebih menonjol.

Strategi bisnis bisa mendukung branding apotek Anda dikenal masyarakat secara luas, misalnya promosi di media sosial, melakukan sistem penjualan obat secara online, memberikan jasa delivery order obat-obatan untuk wilayah sekitar, dan sebagainya.

5. Menjalin kerjasama dengan supplier dan agen kesehatan yang terpercaya

Anda harus memilih supplier obat-obatan dan agen kesehatan yang terpercaya guna menjaga nama baik apotek sekaligus menjaga loyalitas pelanggan. Tidak hanya menjaga mutu produk obat yang diberikan, tetapi Anda bisa mendapatkan harga bersaing dari supplier yang kredibel. Semakin baik angka penjualan produk yang Anda berikan, maka pihak supplier atau distributor akan memberikan penghargaan kepada bisnis Anda. Hal ini bisa menguntungkan dua belah pihak, termasuk bisnis Anda yang menarik untung dari penjualan yang semakin tinggi.

Anda yang tertarik membuka bisnis apotek dengan bantuan apoteker yang kredibel, maka pastikan melakukan pengelolaan bisnis dengan software apotek. Lewat aplikasi yang bisa Anda dapatkan di softwareapotek.net, Anda bisa menikmati ragam fasilitas menarik seperti pengelolaan kartu stok, laporan keuangan, melihat data produk yang paling laris, melakukan restock produk obat-obatan, dan bisa diakses dari ponsel saja. Pastikan Anda menggunakan fitur yang efisien dan praktis dari Vmedis untuk keberlangsungan usaha apotek sekarang juga!

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.