February 2, 2023 2:16 am

Ini, Cara CERDIK Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan silent killer dan salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang cukup tinggi di Indonesia. Jika memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya lebih waspada. Tidak ada salahnya untuk membeli alat tensimeter digital dan rutin memeriksa tekanan darah agar tekanan darah dapat terkontrol. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

1. C – Cek Kesehatan secara Rutin

Cek kesehatan rutin yang dapat dilakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi, yaitu menimbang berat badan, perhatikan denyut nadi teratur atau tidak, ukur lingkar perut, serta yang paling utama adalah memeriksa tekanan darah atau tensi. Hal ini menunjukan pentingnya memiliki alat tensi sendiri di rumah sehingga periksa tensi jadi lebih mudah. Pemeriksaan kesehatan lainnya yang juga harus rutin dilakukan adalah pemeriksaan gula darah dan kolesterol.

2. E – Enyahkan Asap Rokok

Jika Anda adalah perokok, segeralah berhenti merokok. Anda bisa menghubungi layanan bantuan untuk berhenti merokok. Jika Anda bukan perokok, namun anggota keluarga ataupun orang sekitar Anda perokok, anjurkan untuk berhenti merokok atau merokok di tempat atau ruangan khusus dan ganti pakaian setelah merokok.

3. R – Rajin Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat menyehatkan tubuh dan membuat tubuh menjadi bugar. Aktivitas fisik yang dianjurkan minimal 30 menit/hari dengan jumlah 3-5x/minggu. Olahraga ataupun aktivitas fisik yang dilakukan tidak harus aktivitas fisik berat. Namun, dapat dimulai dari aktivitas fisik yang ringan ataupun sedang, yang terpenting adalah disiplin dalam melakukannya.

4. D – Diet Seimbang dan Batasi Asupan Garam

Konsumsi beraneka ragam makanan, yaitu sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Konsumsi gula maksimal 4 sendok makan/hari, perhatikan kandungan gula atau glukosa makanan dan minuman manis, seperti permen, minuman kemasan, kue-kue, es krim, dsbnya. Batasi konsumsi garam maksimal 1 sendok teh/hari, perhatikan kandungan garam atau natrium pada makanan kemasan, camilan, keju, buah kering, dsbnya. Batas konsumsi minyak ataupun lemak perharinya ialah 5 sendok makan, perhatikan jumlah lemak pada daging, telur, jeroan, susu, dsbnya.

5. I – Istirahat Cukup

Pada orang dewasa, sebaiknya tidur cukup dengan durasi 7-8 jam/hari. Selain kuantitas, kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Kelola lingkungan tidur agar dapat meningkatkan kualitas tidur, seperti mematikan lampu, menggunakan selimut, ataupun melakukan ritual tidur lainnya. Jangan lupakan juga tidur siang 15-45 menit karena dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga stamina tubuh.

6. K – Kelola Stres

Manusia hidup tidak terlepas dari stres. Cari tahu metode pelepasan stres yang paling cocok untuk Anda, seperti relaksasi, berbicara dengan orang lain, aktivitas bersama orang lain, rekreasi, hingga melakukan hobi. Lakukan manajemen stres sehingga tidak sampai mengganggu kesehatan jiwa.

Tips untuk mencegah tekanan darah tinggi tersebut dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan singkatan CERDIK. Yuk, mulai pencegahannya dari sekarang, sebelum menyesal di kemudian hari.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.