October 21, 2021 8:22 pm

Jangan Salah, Ini 5 Kelebihan Sistem Online Learning

Aktivitas belajar dari rumah secara daring memang kini sedang sangat populer akibat situasi pandemi. Pembatasan aktivitas membuat pemerintah akhirnya menyelenggarakan sistem belajar online. Meskipun sering dianggap merugikan dan tidak efektif, nyatanya online learning tetap bisa mendatangkan keuntungan.

Kelebihan Belajar Online

Selalu ada sisi positif dari setiap hal yang kita temui. Aktivitas pembelajaran jarak jauh secara online ternyata juga memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah 5 kelebihan yang ditawarkan oleh sistem belajar online:

1.     Lebih Modern

Penerapan sistem belajar online ini menjadi wujud kemajuan teknologi yang mempermudah hidup manusia. Tentunya konsep belajar ini akan jauh lebih modern daripada metode belajar konvensional. Di masa depan nanti mungkin konsep belajar online seperti akan semakin dikembangkan.

2.     Waktu Fleksibel

Kelebihan berikutnya adalah waktu untuk mengikuti kelas tergolong fleksibel. Bahkan untuk kelas pendidikan yang sifatnya privat bisa meminta kelas ditiadakan jika memang waktu tidak memungkinkan. Pilihan waktu yang fleksibel ini dianggap sangat memudahkan siapa saja untuk belajar.

3.     Hemat Energi

Sistem online learning akan membantu membuat mahasiswa jadi lebih hemat energi. Tak perlu lagi berganti pakaian dan mengendarai kendaraan atau naik transportasi umum untuk berangkat. Aktivitas belajar langsung bisa dilakukan dari rumah.

4.     Lebih Praktis

Konsep belajar daring ini dianggap oleh sebagian orang lebih praktis. Hanya perlu menyediakan gawai juga koneksi internet, materi pelajaran bisa diberikan. Bahkan lokasi belajar juga bisa disesuaikan dan sangat fleksibel tergantung keinginan.

5.     Bisa Mengembangkan Diri

Proses belajar online akan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan diri lebih luas lagi. Sistem belajar jarak jauh ini membuat mahasiswa jadi lebih mandiri, tidak selalu bergantung pada pengajar. Selain itu ada waktu lebih banyak untuk mengembangkan potensi lewat hal-hal positif seperti membaca buku.

 

Itulah 5 kelebihan dari sistem belajar atau kuliah online. Selama pandemi, sistem belajar ini juga dianggap paling aman karena tidak mengharuskan mahasiswa dan pengajar bertatap muka. Risiko penularan virus bisa ditekan dengan adanya penerapan sistem belajar online. Hanya saja memang dibutuhkan semangat dari diri sendiri untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh ini.

Sumber:

https://www.kompasiana.com/tobiaznathanael/5eaba764097f365de064fde2/kelebihan-dan-kekurangan-belajar-online?page=all

https://www.ernawatililys.com/2015/11/7-kelebihan-dan-kekurangan-belajar.html

https://pakarkomunikasi.com/kelebihan-dan-kekurangan-pembelajaran-online

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *