June 24, 2024 9:02 am
pipa PVC

Mengetahui Kelebihan dan Kegunaan Pipa Jenis PVC

Ada banyak sekali jenis pipa yang bisa kita temukan di pasar, namun sebagian besar konsumen memilih menggunakan pipa PVC. Pernahkah kamu bertanya, kenapa begitu banyak orang menggunakan pipa jenis tersebut? Apa yang membuat pipa ini jauh lebih disukai?

Tidak hanya membahas tentang kelebihan dan keunggulannya, dalam kesempatan kali ini, kegunaan pipa berjenis PVC, sehingga kamu bisa menentukan, apakah jenis pipa yang satu ini, sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak

Kelebihan Pipa PVC

Ketika banyak orang suka dengan sesuatu, tentu saja ada alasan yang rasional dibaliknya. Dan berikut 4 kelebihan pipa berjenis PVC, yang membuat jenis pipa satu ini disukai banyak orang.

1. Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan jenis pipa lain, pipa berjenis PVC adalah jenis pipa yang memiliki harga relatif terjangkau, sehingga masyarakat tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam bila membeli pipa ini. Harga pipa yang murah ini sebenarnya juga berkaitan dengan bahan bakunya, di mana PVC terbuat dari plastik, khususnya klorin dan etilena, yang masih melimpah dan murah juga.

2. Kualitas Bagus

Secara kualitas, pipa berjenis PVC juga tidak kalah dengan pipa lain, pada penggunaannya, kita akan kesulitan untuk menemukan saluran air dari pipa ini yang mengalami defleksi atau keretakan. Tidak hanya karena bahannya, namun kualitas ini juga ditopang karena beban pipa yang cukup ringan. Kemudian, berbeda dengan pipa besi yang akan mengalami korosi, pipa berjenis PVC bisa terhindar dari permasalahan tersebut, karena terbuat dari plastik.

3. Masa Pakai

Meski terbuat dari plastik, pipa berbahan PVC juga terkenal sangat awet, dengan masa pakai bisa mencapai 50 tahun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saluran akan cepat rusak dan membutuhkan biaya lagi. Namun masa pakai pipa ini juga dipengaruhi oleh berbagai hal, dimulai dari beban, suhu, dan juga kegunaanya, apakah air biasa atau limbah.

4. Kemudahan Instalasi

Jika kamu saat ini sedang terlibat dalam proyek yang menggunakan pipa besi di dalamnya, tentu kamu tahu sendiri, seperti apa kesulitan instalasi terhadap jenis pipa yang satu ini. Hal semacam ini tidak akan terjadi pada pemasangan pipa berjenis PVC, karena memang terbuat dari plastik, yang membuatnya cukup ringan, sehingga cukup mudah untuk dipindahkan atau dibawa ke suatu tempat.

Kegunaan Pipa PVC

Selain kelebihan, di sini kami juga akan membahas kegunaan dan pemanfaatannya. Jadi jika kita membeli pipa berjenis PVC, kita bisa menggunakannya untuk apa saja? Berikut ulasannya:

  • Sebagai saluran air bersih untuk rumah ataupun industri.
  • Sebagai saluran pembuangan untuk limbah.
  • Sebagai saluran pipa air yang memiliki tekanan tinggi dimulai dari irigasi, saluran untuk penyiraman taman, sampai dengan saluran untuk mengalirkan bahan kimia.
  • Dalam bidang telekomunikasi, pipa jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk subduct system.
  • Sebagai saluran kabel manajemen pada gedung, rumah, atau area lainnya.

Selain memiliki banyak kelebihan, pada intinya pipa berjenis PVC bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan terkait saluran.

 

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.