September 23, 2021 8:41 am

Perhatikan Hal ini Sebelum Membangun Rumah

Banyak hal yang penting diperhitungkan saat sebelum lakukan pembuatan rumah
Ada banyak hal yang penting anda pikirkan saat anda punya niat untuk membuat rumah baru sebagai rumah impian anda. Ini perlu anda simak untuk meminimalkan permasalahan yang kemungkinan anda peroleh nanti di saat proses pembangunan atau sudah usai pembangunan dan rumah anda siap untuk dipakai.

1. Tempat / Tanah

Cari dan menemukan tempat atau tanah yang pas untuk membuat rumah anda sebagai cara penting pertama kali yang perlu dikerjakan. Anda harus menimbang faktor-faktor seperti cahaya matahari, tersedianya air bersih, listrik dan telephone, akses jalan, keadaan cuaca, mekanisme drainase, ukuran tanah dan sebagainya.

2. Memiliki rencana Lokasi

Sesudah anda mendapati lokasi tempat atau tanah yang pas dan seperti keinginan anda untuk membuat rumah, anda perlu membuat rencana apa yang nanti anda perlukan seperti akses jalan yang ada, bangunan yang lain ada disekitaran, jaringan listrik, aliran air dan mekanisme septik. Dengan kontribusi jasa desain rumah anda dapat membuat rencana ini berbentuk denah untuk mempermudah anda membuat rencana.

3. Design Awalnya

Pada tahapan pembikinan design awalnya anda perlu tentukan dasar bangunan yang anda tentukan, karena ini nanti yang bakal membantu anda untuk menjadikan satu beberapa bagian rumah yang lain. Anda harus juga memerhatikan beberapa faktor seperti arah matahari, jalinan dengan rumah tetatangga, jalanan dan ketentuan wilayah di tempat.

4. Design Akhir

Untuk membikin design akhir rumah anda, sebaiknya anda memakai jasa desain rumah yang udah profesional di bidangnya. Tapi anda masih tetap turut serta untuk memberinya gagasan seperti apakah kurang lebih bangunan tempat tinggal yang anda mimpikan dan idamkan hingga mereka bisa tuangkan gagasan anda ke wujud design yang bakal jadi pedoman dalam membuat rumah nanti.

5. Kontrak

Di saat anda memberinya tanggung-jawab untuk membuat rumah anda ke kontraktor, pastikan jika anda sudah membuat draft kesepakatan secara tercatat di atas materai berkenaan design, proses penyediaan dan kualitas bahan atau material bangunan, ongkos membangun rumah atau rancangan anggaran biaya (RAB) membangun rumah, agenda tugas membangun rumah dan mengenai penalti (hukuman). Ini akan memberi anda kenyamanan di saat proses pembuatan rumah s/d usai.

6. Bahan atau material bangunan

Sesudah usai membuat gagasan dan lakukan kesepakatan dengan kontraktor, sebaiknya anda mengecek kuitansi pembelian bahan atau material bangunan. Yakinkan apa jumlah dan kualitas bermaterial yang telah dibeli sesuai kesepakatan yang tercantum awalnya, ini untuk pastikan anda tidak alami rugi.

7. Ongkos pembuatan rumah

Pastikan jika anda telah menyiapkan semua ongkos yang dibutuhkan untuk membuat rumah impian anda. Apa itu berbentuk uang kontan, tabungan bank atau utang dari bank.

8. Ijin Bangunan

Saat sebelum anda mulai lakukan proses konstruksi atau pembuatan rumah anda, anda pun perlu mendapatkan kejelasan apa anda telah memperoleh surat ijin membangun bangunan dan keselamatan kerja dari pihak yang berwenang. Anda bisa minta kontribusi dari jasa desain rumah untuk memperoleh surat ini ini.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *