December 1, 2022 10:37 am

Punya Masalah Pada Karang Gigi? Yuk, Ketahui Penyebabnya!

Salah satu masalah kesehatan gigi yang paling sering ditemukan adalah karang gigi. Karang gigi merupakan kotoran yang melapisi gigi yang membutuhkan penanganan medis untuk menghilangkannya. Agar karang gigi tidak semakin parah, sebaiknya segera cari rekomendasi dokter gigi Jakarta untuk melakukan penanganan selanjutnya, Karena, apabila dibiarkan, akan memberikan dampak buruk, seperti gigi menjadi rapuh, radang gusi, bahkan dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Bakteri yang terdapat pada plak gigi dapat masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan peradangan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui penyebab karang gigi. Berikut adalah penyebabnya:

  1. Kebiasaan merokok. Merokok dapat menyebabkan karang gigi menumpuk. Perokok berisiko mengalami penyakit gusi. Sebab, rokok mengandung zat kimia berbahaya penyebab plak gigi. Selain itu, kebiasaan merokok juga tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga orang sekitar. Oleh sebab itu, hindari rokok untuk memperoleh kesehatan tubuh dan gigi.
  2. Suka minum soda. Minum soda terlalu sering tidak baik untuk kesehatan gigi. Sifat soda yang tajam dapat membahayakan enamel gigi. Selain karang gigi, minuman bersoda juga dapat menyebabkan gigi berlubang dan meninggalkan noda pada gigi. Sedangkan, gula yang menempel pada gigi menyebabkan plak. Selain itu, soda juga dapat membuat mulut menjadi kering yang akhirnya menyebabkan air liur menjadi sedikit.
  3. Jarang makan buah dan sayuran. Sayuran dan buah banyak mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga gigi. Dengan mengunyahnya, dapat memperlancar pembersihan pada gigi. Oleh sebab itu, jarang makan sayuran dan buah menyebabkan karang gigi menjadi lebih mudah muncul. Adapun buah yang baik untuk gigi yaitu apel, anggur, jeruk, pir, dan semangka. Sedangkan untuk sayuran, contohnya adalah wortel, caisim, dan lain sebagainya.
  4. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat. Karbohidrat memang baik untuk tubuh. Namun, jika terlalu banyak dikonsumsi, dapat mempercepat penumpukan plak pada sela-sela gigi dan gusi. Sebab, karbohidrat sangat disukai oleh mikroorganisme yang ada pada mulut. Sehingga, menjadi tempat berkembangnya bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik.
  5. Sering makan makanan manis. Makanan yang lengket mudah tertinggal di sela-sela gigi dan menimbulkan bakteri. Bakteri tersebut melepaskan asam yang dapat merusak gigi, lalu berkembang menjadi karang gigi. Oleh sebab itu, langsung bersihkan gigi setelah mengkonsumsi makanan manis.
  6. Konsumsi alkohol. Seperti minuman soda, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering karena kurangnya air liur. Padahal, air liur berguna untuk mencegah makanan yang menempel pada gigi. Mulut harus tetap terhidrasi dengan baik. Apabila dibiarkan, akan mengalami pembengkakan kelenjar ludah atau sialadenosis karena adanya gangguan pada metabolisme dan produksi kelendar ludah.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi sangat penting dilakukan. Hindari kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan di atas agar tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.